Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peringati Hari Kartini, 21 Perempuan Ikut Touring Sepeda 843 Km

Sebanyak 21 perempuan Indonesia akan melakukan touring bersepeda sepanjang 843 kilometer, melalui beberapa kota di dua provinsi, yaitu Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan.
Sebagian peserta yang terpilih mengikutu touring bersepeda sepanjang 843 km di Sulawesi./Bisnis-Rahmayulis Saleh
Sebagian peserta yang terpilih mengikutu touring bersepeda sepanjang 843 km di Sulawesi./Bisnis-Rahmayulis Saleh

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 21 perempuan Indonesia akan melakukan touring bersepeda sepanjang 843 kilometer, melalui beberapa kota yang berada di dua provinsi, yaitu Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan.

Ke-21 srikandi yang terpilih mewakili kaum hawa ini mengikuti kampanye menggalakkan transportasi bersepeda yang sehat dan  ramah lingkungan.

Mereka terpilih dan lolos tes dari 95 peserta yang mendaftar dari seluruh Indonesia. Ke-21 perempuan ini terdiri dari ibu rumah tangga, karyawati, dan mahasiswi. Berusia antara 21 dan 44 tahun, serta berbadan sehat.

"Mereka merupakan wanita biasa, tapi miliki passion yang tinggi terhadap kegiatan bersepeda ini. Mereka akan menjadi wakil pesepeda wanita yang berkesempatan untuk mengumpulkan pengalaman berharga tersebut," kata Toto Sugito, Ketua Umum Bike to Work (B2W) Indonesia sebagai pelaksana kampanye ini di Jakarta, Senin (14/4/2014).

Seklie Patyuniestari, Humas dan Publikasi Komunitas B2W Indonesia, menambahkan kegiatan yang keempat kalinya ini berlangsung 21-30 April 2014. Touring bersepeda ini menempuh jarak sekitar 843 km, dari Kota Mamuju, Sulawesi Barat, menuju Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kami selalu mengambil tanggal 21 April, karena untuk mengenang Hari Kartini dan tokoh-tokoh perempuan Indonesia lainnya. Untuk acara kali ini kami mengangkat tokoh pahlawan perempuan Indonesia dari Sulawesi," ujarnya.

Pahlawan wanita dari Sulawesi yang diangkat kali ini, katanya, adalah Opu Daeng Risaju yang berasal dari Palopp, Andi Depu dari Polewali Mamasa, Emmy Saelan, pejuang wanita di garis depan yang berasal dari Makassar.

Selain itu, Maria Walanda Maramis, sosok yang dianggap sebagai pendobrak adat, pejuang kemajuan, dan emansipasi wanita di dunia politik dan pendidikan yang berasal dari Manado.

Seklie mengatakan perjalanan selama 9 hari melewati dua provinsi tersebut, akan dilakukan dalam 8 etape, yaitu etape 1 Mamuju--Majene (142 km), etape 2 Majene--Pinrang (116 km), etape 3 Pinrang--Anggeraja (65 km).

Etape 4 Anggareja--Rantepao/Toraja (110 km), etape 5 Rantepoa--Belopa (112 km), etape 6 Belopa--Pare-pare (165 km), etape 7 Pare-pare--Pankajene (103 km), dan etape 8 Pankajene--Makassar (50 km).

"Kampanye bersepeda ini bukanlah lomba bersepeda. Jadi bukan ajang kompetisi atau balapan. Tujuannya adalah mengajak perempuan senang bersepeda, dan memperingati semangat perjuangan kaum wanita, serta meneruskan obor semangat para pahlawan wanita Indonesia," tambah Seklie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler