Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil PIALA FA: Arsenal ke Final Lewat Adu Penalti, Skor Akhir 4-2

Arsenal akhirnya melaju ke final Piala FA untuk kali pertama setelah satu dekade usai mengalahkan Wigan Atheltic dalam drama adu penalti dengan skor 4-2, Sabtu (13/4/2014) malam WIB, di Wembley Stadium.
Arsenal melaju ke Final Piala FA 2014/Gettyimages
Arsenal melaju ke Final Piala FA 2014/Gettyimages

Bisnis.com, LONDON-- Hasil pertandingan Arsenal vs Wigan Athletic akhirnya dimenangkan Arsenal dengan adu penalti. Arsenal melaju ke final Piala FA untuk kali pertama setelah satu dekade usai mengalahkan Wigan Atheltic dalam drama adu penalti dengan skor 4-2, Sabtu (13/4/2014) malam WIB, di Wembley Stadium.

Kedua tim menuntaskan laga dengan skor sama kuat, 1-1, hingga dua kali 90 menit dan dan dua kali babak tambahan. Kredit khusus patut diberikan Lukasz Fabianski yang membuat dua penyelamatan saat adu tos-tosan.

Arsenal mengawali laga ini dengan cukup positif.  Pertandingan yang ditayangkan SCTV  memperlihatikan Yaya Sanogo membuka peluang tim di menit keenam dengan menyambut umpan diagonal dari sisi kanan, dia kemudian melepaskan bola tapi mampu diblok Scot Carson.

Serangan Arsenal berlanjut di menit ke-14 lewat aksi dari Alex Oxlade-Chamberlain. Namun sekali lagi, upaya anak-anak Gudang Peluru masih menemui blokade disiplin pasukan Wigan.

Di menit ke-25, situs sepak bola Goal  mencatat Sagna menyambut hasil umpan corner dengan sepakan. Tidak terukur, bola melayang di atas mistar.

Demikian juga Sanogo. Mendapatkan kesempatan melepas sepakan di luar kotak penalti, usai dia mengambil bola liar, usahanya itu masih mengarah tinggi dari tiang gawang.

Jelang pertandingan berakhir, Sanogo mampu keluar dari jebakan offside sebelum dia berupaya menjebol gawang lawan. Tapi penyelamatan Carson lebih baik ketimbang aksinya.

Anak-anak Wigan menunjukkan performa signifikan di babak kedua. Saat laga berjalan sejam, gawang Lukasz Fabianski akhirnya jebol lewat tendangan penalti yang dieksekusi Jordi Gomez. Tendangan 12 pas ini didapat menyusul pelanggaran Per Mertesacker terhadap McManaman.

Menginjak menit ke-73 Chamberlain berusaha membuat kedudukan seimbang. Dari jarak jauh, sang gelandang mencoba peruntungannya. Beruntung Wigan, arah bola tepat ke tangkapan sang kiper lawan.

Sanogo hampir membuat fans Arsenal bersorak ketika dia menanduk bola di menit ke-80. Sayang, kreasinya itu masih menabrak tiang gawang. The Gunners masih tertinggal.

Carson kembali menunjukkan kelasnya saat dia menggagalkan tandukan dari Gibbs sejurus kemudian sebelum akhirnya gol balasan yang ditunggu-tunggu itu datang.

Jika tadi bertanggung jawab atas terciptanya penalti, kali ini Mertesacker muncul untuk membayar kesalahannya itu dengan mencetak gol penyaman kedudukan di menit ke-82. Hasil tendangan keras Chamberlain gagal, bola rebound lantas diteruskan Mertesacker untuk membuat skor jadi sama kuat, 1-1.

Di menit-menit akhir permainan Arsenal jadi lebih garang. Giroud melepaskan tendangan kaki kiri, meski tak berujung gol karena Carson sigap mengamankan gawangnya.

Di pengujung laga, Mertesacker sekali lagi berusaha menjebol gawang lawan untuk membalikkan keadaan. Namun kali ini tandukannya, usai meneruskan tendangan penjuru, melambung. Kedudukan 1-1 ini memaksa laga dilanjutkan ke extra-time.

ADU PENALTI

Di babak extra-time sejatinya Arsenal memiliki sejumlah peluang bersih melalui pergerakan dan sentuhan dari Sanogo, Giroud, Kallstrom, Chamberlain dan Gibbs, demikian juga dari kubu Wigan lewat Powell dan Collison, tapi semuanya tak satu pun ada yang berbuah positif, yang lantas artinya laga pun harus diakhiri dengan adu tos-tosan.

Dalam adu penatli, dua penendang awal Wigan, Caldwell dan Collison sukses digagalkan Fabianski. Sementara seluruh eksekutor Arsenal menuntaskan tugasnya dengan sempurna: Arteta, Kallstrom, Giroud, Cazorla. Skor akhir dari adu penalti ini adalah 4-2 untuk kemenangan Arsenal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper