Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MOTOGP QATAR: Marc Marquez Juara, Rossi Di Posisi Kedua

Juara dunia Marc Marquez memenangi Grand Prix pembuka musim di Qatar pada Minggu, hanya sebulan setelah ia mengalami patah kaki.
Marc Marquez memenangkan Moto GP di Qatar/Reuters
Marc Marquez memenangkan Moto GP di Qatar/Reuters

Bisnis.com, DOHA -  Juara dunia Marc Marquez memenangi Grand Prix pembuka musim di Qatar pada Minggu, hanya sebulan setelah ia mengalami patah kaki.

Pebalap Honda ini bertarung keras dan berduel ketat dengan juara dunia sembilan kali Valentino Rossi yang mengendarai Yamaha, dan unggul dengan selisih waktu 0,259 detik.

Dani Pedrosa, yang mengendarai sepeda motor pabrikan Honda kedua, berada di peringkat ketiga.

Marquez, yang mengalami patah kaki saat mengendarai dirt bike di kampung halamannya di Spanyol pada akhir Februari, memasuki musim baru dengan menjadi juara dunia termuda pada 2013.

"Saya sangat menikmati balap ini, saya tidak memperkirakan hasilnya namun kemarin saya memiliki perasaan bagus mengenai berduel dengan Valentino," kata Marquez (21).

Rossi, yang mengincar apa yang akan menjadi kemenangan ke-81nya di kelas elit Moto GP, mengatakan dirinya dapat mengambil banyak hal dari balap ini.

"Pada awalnya, pikiran saya tidak begitu jernih, apakah saya menyerang? Kemudian saya berkata 'saya melaju, saya berusaha,' namun setelahnya Marc menjadi lebih kuat." "Saya memiliki potensi untuk berusaha pada akhirnya, namun sayangnya ia sedikit terlalu jauh. Namun apapun, ini merupakan hasil yang bagus dan saya berharap dapat terus seperti ini." Pada balap yang berlangsung menarik di tengah sorotan lampu di sirkuit Losail, juara dunia 2010 dan 2012 Jorge Lorenzo terjatuh pada lap pertama.

Pebalap Spanyol itu, yang menjadi runner up Marquez pada kejuaraan dunia 2013, memulai balap dari posisi kelima namun ia mampu merangsek ke depan pada tikungan pertama.

Bagaimanapun, ia harus mengakhiri perjuangannya pada akhir lap pertama dengan motor pabrikan Yamahanya, setelah ia terjatuh dan mengalami rasa sakit pada tulang selangkanya yang sempat patah dua kali pada tahun lalu.

Jatuh dengan kecepatan tinggi "Jatuh dengan kecepatan tinggi, namun bukan sisi yang berbahaya," kata Lorenzo.

"Saya melakukan kesalahan anak-anak. Ban-bannya berbeda dari tahun lalu dan suhunya lebih dingin dibanding ketika kami melakukan kualifikasi. Saya tidak memperhitungkan hal-hal itu." Pebalap Jerman Stefan Bradl, yang mengendarai Honda, sempat berada di barisan depan namun malamnya berakhir prematur ketika ia terjatuh di lintasan pada lap kesembilan.

Rossi, yang mengawali balap dari posisi kesepuluh, kemudian mengambil alih pucuk pimpinan dari Marquez dan mempertahankannya selama lima lap ketika pebalap Italia 35 tahun ini berupaya mendapatkan kemenangan perdananya sejak Assen tahun lalu.

Bagaimanapun, Marquez, yang mengendarai Honda yang lebih cepat, menyalipnya pada lap ke-13.

Mereka dua kali bertukar posisi pimpinan balap pada satu lap sebelum lap terakhir, namun Marquez memiliki lebih banyak tenaga dibanding pebalap Italia tersebut.

Pebalap Australia Jack Miller, yang mengendarai KTM, memenangi balap Moto3 untuk menorehkan awal gemilang pada karirnya.

Dua pebalap Spanyol Alex Marquez, yang merupakan adik kandung juara dunia Moto GP Marc, dan Efrn Vasquez, keduanya dari Honda, menduduki peringkat kedua dan ketiga.

Pebalap 19 tahun Miller, yang menduduki posisi ketujuh pada kejuaraan dunia 2013, berduel dengan Marquez sepanjang balap yang berlangsung 18 lap dan memanfaatkan kesalahan pebalap Spanyol lawannya itu pada lap terakhir.

Miller menikmati start yang bagus sebab pemegang posisi start terdepan Alex Rins, turun ke posisi ke-10 pada lap pembuka di mana pebalap Australia itu memanfaatkan slipstream dari Marquez.

Pada sebagian besar jalannya balap, pasangan ini unggul atas pebalap-pebalap lainnya dengan selisih sampai dua detik, di mana grup pengejar dipimpin oleh pebalap KTM Isaac Vinales, Vazquez, dan Miguel Oliveira asal Portugal.

Pada akhir balap, keenam pebalap terdepan hanya berselisih selama 0,586 detik.

Di Moto2, pebalap Spanyol Esteve Rabat mengungguli sesama pebalap Kalex, Takaaki Nakagami dari Jepang dan Mika Kallio dari Finlandia.

Rabat, yang berada di peringkat ketiga pada kejuaraan dunia 2013, mengklaim kemenangan keempat sepanjang karirnya setelah balap di mana empat pebalap - Josh Herrin, Johann Zarco, Alex De Angelis, dan Xavier Simon - terlibat tabrakan spektakuler pada lap pertama.

Kejuaraan Moto GP akan dilanjutkan di Austin, Texas untuk Grand Prix Amerika pada 13 April.

Hasil MOTO GP Qatar

Pos

Pembalap

Motor/Mesin

Laps

Waktu/Delay

1

Marc Márquez

Honda

22

42:40.561

2

Valentino Rossi

Yamaha

22

0.259

3

Daniel Pedrosa

Honda

22

3.370

4

Aleix Espargaró

Forward Yamaha

22

11.623

5

Andrea Dovizioso

Ducati

22

12.159

6

Cal Crutchlow

Ducati

22

28.526

7

Scott Redding

Honda

22

32.593

8

Nicky Hayden

Honda

22

32.628

9

Colin Edwards

Forward Yamaha

22

39.547

10

Andrea Iannone

Ducati

22

43.360

11

Hiroshi Aoyama

Honda

22

46.595

12

Yonny Hernández

Ducati

22

46.688

13

Karel Abraham

Honda

22

50.581

14

Danilo Petrucci

ART/Aprilia

22

1:03.127

15

Broc Parkes

PBM/Aprilia

22

1:14.386

16

Michael Laverty

PBM/Aprilia

22

1:32.593

17

Mike Di Meglio

Avintia/Kawasaki

22

1:36.085

-

Álvaro Bautista

Honda

20

Crash

-

Bradley Smith

Yamaha

18

Crash

-

Pol Espargaró

Yamaha

17

Retirement

-

Stefan Bradl

Honda

8

Crash

-

Héctor Barberá

Avintia/Kawasaki

4

Retirement

-

Jorge Lorenzo

Yamaha

0

Crash

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Antara/AFP

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler