Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SCWC Road to Brasil, Ratusan Anak Jalanan Ikuti Seleksi Garuda Baru

Sebanyak 379 anak jalanan terdaftar mengikuti seleksi tim nasional sepakbola Garuda Baru untuk mewakili Indonesia di Brasil dalam ajang Street Child World Cup (SCWC) 2014.Jumlah tersebut didapatkan dari proses seleksi yang telah dilaksanakan di 6 kota sebanyak 222 anak jalanan, yakni Medan (30 anak), Makassar (23 anak), Surabaya (70 anak), Palembang (23 anak), Bandung (47 anak), dan Yogyakarta (29 anak), ditambah Jakarta (157 anak).Seleksi yang dilakukan oleh Yayasan Transmuda Energy Nusantara (TEN) tersebut telah mulai digelar sejak 11 25 Januari 2014 untu di enam kota tersebut, dan seleksi terakhir di Lapangan Sepakbola Pertamina Simprug, Jakarta, 1 Februari 2014.Program SCWC yang diselenggarakan pada 27 Maret 2014 di Rio De Jainero, Brazil tersebut akan diikuti oleh sekitar 20 negara, dan melalui Yayasan TEN, Indonesia mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi di skala internasional dengan tim nasional Garuda Baru.
Proses Seleksi Garuda Baru/Bisnis-Puput Ady Sukarno
Proses Seleksi Garuda Baru/Bisnis-Puput Ady Sukarno

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 379 anak jalanan terdaftar mengikuti seleksi tim nasional sepakbola Garuda Baru untuk mewakili Indonesia di Brasil dalam ajang Street Child World Cup (SCWC) 2014.

Jumlah tersebut didapatkan dari proses seleksi yang telah dilaksanakan di 6 kota sebanyak 222 anak jalanan, yakni Medan (30 anak), Makassar (23 anak), Surabaya (70 anak), Palembang (23 anak), Bandung (47 anak), dan Yogyakarta (29 anak), ditambah Jakarta (157 anak).

Seleksi yang dilakukan oleh Yayasan Transmuda Energy Nusantara (TEN) tersebut telah mulai digelar sejak 11 – 25 Januari 2014 untu di enam kota tersebut, dan seleksi terakhir di Lapangan Sepakbola Pertamina Simprug, Jakarta, 1 Februari 2014.

Program SCWC yang diselenggarakan pada 27 Maret 2014 di Rio De Jainero, Brazil tersebut akan diikuti oleh sekitar 20 negara, dan melalui Yayasan TEN, Indonesia mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi di skala internasional dengan tim nasional ‘Garuda Baru”.

TEN merupakan yayasan yang fokus meningkatkan kualitas hidup anak jalanan, bekerja sama dengan berbagai lembaga mitra yang memiliki semangat suka rela untuk menyuarakan hak dan perlindungan anak-anak yang hidup dan bekerja di jalan.

“Program yang dilaksanakan sebelum Piala Dunia 2014 ini merupakan gerakan internasional untuk mempersatukan anak-anak jalanan di seluruh dunia melalui permainan sepak bola,” tutur Mahir Bayasut, Ketua Yayasan TEN, disela seleksi di Lapangan Sepakbola Pertamina Simprug, Jakarta, Sabtu (1/2/2014).

Menurutnya dengan ajang tersebut anak jalanan memiliki peluang untuk go international dan bertanding dengan anak jalanan dari berbagai belahan dunia lainnya.

Mahir mengatakan kegiatan ini bukan hanya bertujuan bermain sepakbola saja, karena setelah mengikuti ajang SCWC ini, diharapkan mereka dapat menularkan semangat positifnya dalam menggali bakat dan potensi kepada anak jalanan yang lainnya.

“Walaupun program ini tergolong independen, tidak berafiliasi dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), TEN sedang merencanakan ‘After Change Program’ yang kami sebut dengan ‘Transenergy (penyaluran bakat dan potensi) bekerjasama dengan sekolah sepakbola nasional maupun klub profesional yang ingin merekrut anggota tim Garuda Baru ini setelah ajang SCWC,” tuturnya.

Pada seleksi lokal Jakarta, Yayasan TEN bekerja sama dengan Yayasan Sahabat Anak sebagai mitra program, dan Brazilian Soccer School, Pertamina Soccer School, serta Jakarta Football Academy sebagai juri dalam seleksi lokal dan nasional.

“Kami sangat antusias dengan adanya program SCWC ini, misi kami dalam menangani anak jalanan adalah melibatkan sebanyak mungkin pribadi atau pihak untuk peduli kepada anak jalanan dengan menjadi seorang sahabat yang menaruh kasih setiap waktu,” ungkap Alles Saragih, Ketua Yayasan Sahabat Anak.

Menurutnya program SCWC sangat bagus bila dilakukan secara berkelanjutan.

“Semoga banyak hati yang tergerak untuk membuat program pemberdayaan anak jalanan yang lainnya selain kegiatan sepakbola. Karena masih banyak bakat- bakat yang dapat digali dari anak jalanan sehingga mereka bisa memperlihatkan kemampuannya,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper