Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ternyata, Transfer Neymar ke Barca US$118 Juta Bukan US$78 Juta

Kesepakatan untuk membeli Neymar oleh Barcelona 86,2 juta ($118 juta), termasuk pembayaran untuk Neymar dan keluarganya, kata klub itu pada Jumat (24/1/2015), setelah ayah pemain Brasil itu mencabut rahasia perjanjian.
Neymar Jr/Reuters
Neymar Jr/Reuters

Bisnis.com, BARCELONA - Kesepakatan untuk membeli Neymar oleh Barcelona €86,2 juta ($118 juta), termasuk pembayaran untuk Neymar dan keluarganya, kata klub itu pada Jumat (24/1/2015), setelah ayah pemain Brasil itu mencabut rahasia perjanjian.

Striker Brasil itu diboyong dari Santos ke Barca tahun lalu, klub Spanyol yang awalnya mengatakan Neymar bernilai €57,1 juta (US$78,1 juta), sedang diselidiki oleh pengadilan untuk kemungkinan penyalahgunaan dana menyusul keluhan dari anggota Barca.

Sandro Rosell, yang disebutkan dalam gugatan tapi membantah melakukan kesalahan, mengundurkan diri sebagai presiden pada Kamis.Dia mengatakan ia ingin melindungi citra klub dan diduga ia dan keluarganya telah diancam.

Barca telah enggan untuk mengungkapkan semua rincian dari kesepakatan itu, mengutip perjanjian kerahasiaan, tapi setelah pertemuan dewan pada Jumat , penerus Rosell yaitu Josep Bartomeu mengatakan pada konferensi pers ayah Neymar telah memberi mereka izin untuk mengumumkan hal yang sebenarnya kepada publik.

Direktur Barca Raul Sanllehi menegaskan transfer sendiri telah menelan biaya €57,1 juta termasuk €17,1 juta untuk Santos dan 40 juta Euro sebagai "biaya kompensasi" yang dibayarkan kepada perusahaan yang dimiliki oleh orang tua Neymar.

Namun, ia juga rinci pembayaran lain di sekitar transfer seperti bonus penandatanganan 10 juta euro dan berbagai biaya lainnya yang dibayarkan kepada keluarga yang menelan biaya total 86,2 juta euro.

Barca membayar Neymar €8,8 juta untuk gaji per musim selama kontrak lima tahun, kata Sanllehi .

"Ayah Neymar dibebaskan perjanjian kerahasiaan karena ia menganggap apa yang telah terjadi (untuk Rosell) tidak adil," kata Bartomeu.

Pemain telah menerima tawaran yang lebih menguntungkan dari beberapa rival Barca, tetapi memutuskan untuk pindah ke ibukota Catalan karena ia percaya dalam proyek klub dan ingin bermain bersama pemain depan Argentina Lionel Messi, ia menambahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper