Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Juara Dunia 2013 Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Gagal di Malaysia Open

Ganda campuran Juara Dunia 2013 Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir gagal melangkah ke partai final Kejuaraan Bulu Tangkis Maybank Malaysia Open 2014 setelah dikalahkan Xu Chen/Ma Jin pada babak semifinal di Kualalumpur, Malaysia, Sabtu (18/1/2014).

Bisnis.com, KUALA LUMPUR - Ganda campuran Juara Dunia 2013 Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir gagal melangkah ke partai final Kejuaraan Bulu Tangkis Maybank Malaysia Open 2014 setelah dikalahkan Xu Chen/Ma Jin pada babak semifinal di Kualalumpur, Malaysia, Sabtu (18/1/2014)..

Tontowi/Liliyana yang menempati unggulan kedua pada kejuaraan bulu tangkis berhadiah total 500 ribu dolar Amerika Serikat ini harus mengaku keunggulan pasangan China yang menempati unggulan keempat dengan dua gim langsung 14-21,13-21 dalam waktu 46 menit.

Dengan kemenangan ini skor pertemuan kedua pasangan ini menjadi 5-8 untuk keunggulan pasangan dari China tersebut. Pada penyisihan grup BWF World Superseries Finals 2013, Tontowi/Liliyana yang menempati peringkat dua dunia juga kalah dari Ma Jin/Xu Chen yang menempati peringkat tiga dunia dengan dua game langsung 21-23,16-21.

Namun, tulis Antara, pada dua kali pertemuan sebelumnya yaitu pada Kejuaraan Denmark Terbuka 2013 dan Kejuaraan Dunia 2013, Tontowi/Liliyana Natsir selalu unggul atas pasangan China tersebut.

"Penampilan kami memang kurang maksimal karena Tontowi mengalami cedera pada kaki kanannya. Pada saat kondisi fit saja, pertemuan kami dengan Xu/Ma selalu ramai, apalagi kalau kondisi kami seperti ini," kata Liliyana seperti dikutip dari laman PB PBSI.

"Dengan keadaan seperti ini, kami tidak bisa menerapkan permainan menyerang dan selalu bertahan karena kecepatan kami berkurang sekali. Tetai itu bukan alasan, di samping Xu/Ma tampil lebih bagus dari kami," kata Liliyana.

Tontowi mengalami cedera kaki pada hari pertama latihan di Kualalumpur. Saat itu Tontowi masih bisa menahan rasa sakit dan mencoba untuk tetap bertanding. Babak pertama dan kedua dilalui pasangan Tontowi/Liliyana dengan mulus karena lawan yang dihadpi masih di bawah mereka.

"Kaki saya keseleo saat latihan, saya pikir ini tidak terlalu berpengaruh. Tetapi pada pertandingan ini berat sekali. Kalau bak pertama dan kedua bisa dilewati karena lawan di atas kertas memang masih di bawah kami," kata Tontowi.

Meskipun menelan kekalahan dari musuh bebuyutannya, Tontowi/Liliyana tidak ingin larut dalam kekecewaan. Pasangan ini segera mempersiapkan diri untuk turnamen selanjutnya.

"Ini pelajaran buat kami agar lebih berhati-hati. Selanjutnya kami akan bersiap untuk All England 2014. Kami ingin mempertahankan gelar juara," kata Liliyana.

Pada babak final pasangan China Xu Chen/Ma Jin akan menghadapi unggulan ketiga dari Denmark Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen yang mengalahkan unggulan pertama Zhang Nan/Zhao Yunlei dari China dengan angka 21-10,21-12.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler