Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendapatan Hak Siar 5 Liga Top Eropa US$6,7 Miliar

Tumbuhnya penawaran hak siar televisi di Jerman dan Inggris mengangkat pendapatan lima liga Eropa paling top 25% menjadi total US$6,7 miliar atau 5 miliar euro per musim, demikian data dalam satu laporan.

Bisnis.com, JAKARTA - Tumbuhnya penawaran hak siar televisi di Jerman dan Inggris mengangkat pendapatan lima liga Eropa paling top 25% menjadi total US$6,7 miliar  atau 5 miliar euro per musim, demikian data dalam satu laporan.

TV Sports Markets, penyediaan informasi bagi lembaga penyiaran dan organizaciones olahraga, mengatakan dalam laporannya Football Media Money League yang terbaru mengatakan siklus penjualan hak sampai 2016 di Inggris, Prancis, Jerman, Italia dan Spanyol menambah 1 miliar europ dari tiga musim periode sebelumnya.

" Konten liga sepak bola tetap yang paling dicari  media di dunia dan semua indikasi adalah nafsu makan penyiar  olahraga di tingkat elit tidak menunjukkan tanda berkurang," kata Frank Dunne , Editor TV Sport Markets, dalam sebuah pernyataannya melalui e -mail.

Permintaan untuk penyiaran sepakbola digarisbawahi adalah dua hari yang lalu Ketika BT Group Plc  mengatakan itu membayar  hak life £ 900,000,000 ( US$$ 1,44 miliar) untuk siaran life eksklusif selama tiga tahun untuk  Inggris  untuk Liga Champions dan Liga Europa 2015-18 . Kesepakatan itu bernilai bernilai lebih dari dua kali lipat pengaturan saat ini dengan British Sky Broadcasting Group Plc dan ITV Plc , tulis British Broadcasting Corp . Sky mengatakan tawaran BT adalah " jauh melebihi " valuasi sendiri.

Liga Premier Inggris menghasilkan € 2.200 000 000 setahun dalam penjualan hak siar televisi domestik dan internasional , lebih dari dua kali lipat € 975.000.000 yang diterima oleh peringkat kedua Seri A Italia, demikian menurut laporan TV Sport Markets.

Bundesliga Hak

Sementara laporan penjualan dari  Bundesliga  541 juta euro per musim adalah terendah dibandingkan dengan  lima liga di Eropa lainnya, kenaikan 54%  dalam kontrak domestik ini menjadi lebih baik, sementara Liga Primer Inggris  melompat 63%.

Kompetisi elit Inggris adalah  musim pertama dari perjanjian tiga tahun dengan BSkyB ( BSY ) dan BT Group senilai £3.020.000.000. Pendapatan TV Bundesliga akan tumbuh menjadi €674.000.000 per musim mulai 2015 , kata laporan itu .

"Hak-hak dalam negeri dalam sepakbola Jerman secara historis rendah. Karena kurangnya kompetisi di pasar TV berbayar Jerman," kata Dunne . "Hanya dalam kesepakatan terbaru , Deutsche Telekom memperlihatkan persaingan, sehingga Sky Deutschland terpaksa naikkan  harga."

Spanyol Primera Division di peringkat ketiga, menghasilkan lebih banyak € 70 juta   dari €710.000.000 yang dibuat oleh Prancis Ligue 1 . Liga Spanyol adalah satu-satunya dari lima kompetisi yang tidak menjual hak kolektif.

Real Madrid, Barca

Akibatnya Real Madrid dan Barcelona , dua tim terbesar, meraih lebih banyak uang dari hak siar televisi dibanding bersaing  di negara lain. Madrid  mendapatkan gabungan € 178.400.000 , sekitar €3.000.000 lebih banyak dari Barca , dari hak TV siar liga , piala domestik dan Liga Eropa pertandingan Liga , tulis satu laporan .

"Kedua klub Spanyol memiliki manfaat dalam beberapa tahun terakhir dari kinerja yang kuat di Liga Champions ," kata Dunne . " Tapi Madrid raih keuntungan di atas klub di seluruh Eropa karea dikaitan  dengan sistem penjualan hak media individual  oleh klub Liga,  mereka bagian terbesar dari pendapatan dari transaksi siaran domestik  mereka . "

TOP 10 TV TIM SEPAK BOLA DENGAN PENDAPATAN , 2012-13 MUSIM
PENJUALAN CLUB  ( Dalam juta euro))
 1 . Real Madrid 178
2. Barcelona 175
 3.  Juventus 154
 4.  AC Milan 124
 5.  Manchester United 108
 6. Chelsea 107
 7. Arsenal 99
 8. Manchester City 98
 9 . Bayern Munich 92
10 . Paris Saint - Germain 89

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper