Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Preview Liga Champions 2013: Juventus versus Real Madrid

Jelas bahwa laga di Grup B Liga Champions kali ini bukan laga ala kadarnya, apalagi laga dengan latarbelakang mentalitas "kejar setoran", karena dua raksasa sepak bola Eropa saling beradu meriam untuk saling melontarkan satu demi satu amunisi.

Bisnis.com, JAKARTA -  Jelas bahwa laga di Grup B Liga Champions kali ini bukan laga ala kadarnya, apalagi laga dengan latarbelakang mentalitas "kejar setoran", karena dua raksasa sepak bola Eropa saling beradu meriam untuk saling melontarkan satu demi satu amunisi.

Juventus menjamu Real Madrid di babak penyisihan Grup B Liga Champions yang digelar di Juventus Stadium, pada Selasa (5/11/2013) waktu setempat, atau Rabu (6/11/2013) dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan oleh stasiun televisi SCTV.

Juventus terkesan lenggang kangkung karena itu [di Liga Champions] perlu ekstra kerja keras menghadapi laga-laga selanjutnya termasuk mutlak menang atas Real Madrid. Sebaliknya, Real Madrid terus menghidu-hidupkan bara ambisi untuk menjadi raksasa sepak bola di Benua Biru.

Kekalahan akan menjerumuskan Carlos Tevez dan kawan-kawan gagal melenggang ke babak 16 besar Liga Champions. Hingga laga ketiga ini, Juventus belum pernah menang.

Juventus mengenyam kekalahan 1-2 atas Madrid di Santiago Bernabeu bulan lalu. Disebut-sebut sebagai salah satu pertandingan klasik di kolong jagat raya ini, jelas bahwa Juventus berharap dukungan penuh dari para fans setianya.

Kini, di kompetisi Grup B, "La Vechia Signora" masih bertengger di peringkat ketiga dengan memperoleh dua poin, tertinggal dua poin dari Galatasaray (4 poin), sementara Madrid masih bercokol di peringkat pertama.

Real Madrid demikian perkasa. "Los Merengues" mampu menjaringkan 12 gol dan kemasukan dua gol dalam tiga pertandingan penyisihan grup.

Cristiano Ronaldo telah mencetak 20 gol di semua kompetisi. Pemain asal Portugal ini jelas menjadi tulang punggung dari aksi gempur pasukan Real. Korban terakhir Ronaldo (dengan koleksi dua gol), yakni Rayo Vallecano yang ditekuk 2-3 oleh Madrid pekan ini.

"Mereka (Juventus) punya sederet pemain berkualitas dan pertandingan bakal berlangsung seru di Turin. Mereka punya sejumlah kelebihan, dan kami menghomati hal itu," kata gelandang Real Madrid, Luca Modrid.

Juve bersukacita karena salah satu pemain depan andalan mereka, Fabio Quagliarella telah pulih dari cedera. Hanya saja, kali ini mereka tampil tanpa pemain bertahan Giorgio Chiellini yang diusir ke luar lapangan dalam pertandingan pertama.

Komentar dua pelatih:

Antonio Conte (Juventus):

"Ini pertandingan krusial dan penting bagi masa depan kami di Liga Champions. Kami sangat serius menghadapi laga ini. Untuk itu kami akan menunjukkannya di lapangan. Hal serupa juga bakal dilakukan Madrid."

"Mereka punya pola serangan yang hebat. Saya akan mewaspadai mereka, teristimewa jika mereka tampil nyaman dengan mengembangkan pola permainan dari lini ke lini."

"Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, Karim Benzema, Ángel Di María, nama-nama ini jelas luar biasa. Mereka pemain fantastis, utamanya ketika mereka berada di lini depan. Mereka mampu memanfaatkan ruang, sehingga kami amat mewaspadai mereka."

"Ini jelas pertandingan yang berat karena melawan salah satu kandidat juara Liga Champions. Juventus melawan Real Madrid merupakan laga klasik, pertandingan yang benar-benar bakal memukau. Kami sungguh memerlukan dukungan penuh fans. Ini lantaran kami menghadapi tim yang kuat, dan kami perlu sokongan semangat untuk melawan mereka."

Carlo Ancelotti (Real Madrid):

"Conte telah melakukan tugasnya dengan mengukir prestasi gemilang. Ia sungguh bekerja untuk klub selama kurang lebih tiga tahun. Ia bekerja dan beroleh hasil yang sebelumnya orang tidak menyangka hal itu bakal terjadi, yakni memenangi gelar liga. Ia punya sisi kompetitif dalam dirinya."

"Kami perlu melakukan rotasi tim agar para pemain dapat tampil bugar di lapangan, dengan didukung kekuatan fisik yang memadai. Saya sama sekali tidak menganggap rotasi pemain sebagai masalah, meski kami memang kehilangan keseimbangan."

"Laga nanti bakal berlangsung menarik. Juve menghadapi situasi sulit dibandingkan dengan kami di dalam grup ini. Ini kesempatan baik bagi kami untuk lolos, dan kami bakal berusaha sekuat tenaga mewujudkan hal itu sebaik mungkin."

"Kami telah begitu banyak kebobolan gol. Ini masalah bagi kami. Setiap orang di dunia pasti tahu dan paham akan pentingnya kinerja lini pertahanan, meski kami telah mencetak 42 gol dalam 15 pertandingan. Rata-rata kami mampu mencetak tiga gol dalam setiap pertandingan."

"Saya berpandangan kepada tiga penyerang yang punya posisi penting. (Raphael) Varane akan tampil besok, karena ia tidak bermain pada laga Sabtu pekan lalu. Saya berharap dia bugar, kemudian saya akan memilih, di antara (Sergio) Ramos dan Pepe untuk mendampingi dia."

"(Xabi Alonso dan Andrea Pirlo) mereka pemain hebat. Keduanya pemain yang punya kecepatan dan kepandaian. Saya beruntung pernah bekerja bersama pemain-pemain hebat seperti mereka. Saya beruntung punya Pirlo di Milan dan saya juga sangat beruntung punya Alonso."

Pemain andalan kedua tim:

Carlos Tevez (Juventus):
Carlos Tevez bermain di kandang. Ia bakal menunjukkan "siapa dia sesungguhnya", dengan berusaha memberi tiga poin bagi publik pecinta setia Juventus.

Semangat juang pemain ini yang khas Argentina bakal banyak mempengaruhi penampilan tim secara keseluruhan. Ia akan berpasangan dengan Fernando Llorente. Jelas, bahwa lini pertahanan Real Madrid perlu bekerja ekstra keras.

Sergio Ramos (Real Madrid):
Sergio Ramos paham bahwa tuan rumah ngotot mendapat kemenangan. Pasukan Juventus bakal berjuang mati-matian, dengan begitu penampilan Ramos diharapkan dapat tenang untuk menggalang lini pertahanan yang solid.

Ramos dikenal sebagai bek tangguh ketika ia berkonsentrasi penuh. Barisan depan Juventus menghadapi kesulitan bila tidak mampu melewati pemain ini.   

Prakiraan susunan pemain:

Juventus (3-5-2):
Buffon (penjaga gawang); Ogbonna, Barzagli, Bonucci; Pirlo, Pogba, Vidal, Marchisio, Asahmoah; Tevez, Llorente

Real Madrid (4-3-3):
Casillas (penjaga gawang); Arbeloa, Pepe, Sergio Ramos, Marcelo; Xabi Alonso, Khedira, Modric; Bale, Benzema, Ronaldo

Prediksi hasil laga (Goal.com):
 
* Juventus 1-3 Real Madrid CF (17,95 persen)
* Juventus 1-2 Real Madrid CF (13,73 persen)
* Juventus 2-1 Real Madrid CF (10,99 Persen)

Head to Head:
UEFA Champions League (UCL)
23 Oct 2013     Real Madrid CF 2 - Juventus 1     
 5 Nov 2008     Real Madrid CF 0 - Juventus 2     
21 Oct 2008     Juventus 2 - Real Madrid CF 1     

Peace Cup 2009 (PC)
31 Juli 2009     Juventus 2 - Real Madrid CF 1     

Lima laga terakhir:     

Juventus
2  Nov 2013    Parma 0 - Juventus 1    ITA1
30 Oct 2013    Juventus 4 - Catania 0    ITA1
27 Oct 2013    Juventus 2 - Genoa 0    ITA1
23 Oct 2013    Real Madrid CF 2 - Juventus 1    UCL
20 Oct 2013    Fiorentina 4 - Juventus 2    ITA1

Real Madrid CF
2  Nov 2013    Rayo Vallecano 2 - Real Madrid CF 3    LIGA
30 Oct 2013    Real Madrid CF 7 - Sevilla 3    LIGA
26 Oct 2013    FC Barcelona 2 - Real Madrid CF 1    LIGA
23 Oct 2013    Real Madrid CF 2 - Juventus 1    UCL
19 Oct 2013    Real Madrid CF 2 - Malaga 0    LIGA

Narasi atas prediksi:
* Salah satu kunci lini depan Juventus ada dalam diri Tevez. Produktivitasnya mencetak gol sangat dinanti oleh para pecinta setia Juve. Dan ia bersaing dengan Ronaldo, meski pemain Argentina itu mengaku dengan menyatakan, "Saya bukan musuh dia (Ronaldo)."

* Kemenangan di Santiago Bernabeu menjadi modal berarti bagi pasukan Ancelotti. Dan fakta ini justru memicu adrenalin Tevez untuk tampil sebagai pembeda bersama rekan satu timnya.

* Juventus mengusung nama besar di blantika sepak bola Eropa, sementara situasi krisis kini menerpa. Tinggal kejelian dari Conte menyulap situasi krisis menjadi energi positif.

* Jelas dan terang benderang bahwa skuad asuhan Ancelotti berada di atas angin. Dan "faktor Gareth Bale" masih mempengaruhi ketajaman Real Madrid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Antara/uefa.com/skysport
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper