Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kualifikasi Piala AFC U-19: Evan Dimas, Mantan Murid Pep Guardiola

Bisnis.com, JAKARTA – Evan Dimas, kapten tim nasional Indonesia U-19 Tahun di kualifikasi Piala AFC U-19 yang kini bergulir di Jakarta, Indonesia sejak 8 Oktober 2013 dan  memasuki babak akhir, adalah fonemenal sepakbola nasional.

Bisnis.com, JAKARTA – Evan Dimas, kapten tim nasional Indonesia U-19 Tahun di kualifikasi Piala AFC U-19 yang kini bergulir di Jakarta, Indonesia sejak 8 Oktober 2013 dan  memasuki babak akhir, adalah fonemenal sepakbola nasional.

Indonesia di partai terakhir malam ini, Sabtu (12/10/2013) di Gelora Bung Karno, Jakarta akan menghadapi juara bertahan Korea Selatan pukul 20.00 WIB (disiarkan RCTI pukul 20.00 WIB).

Indonesia mempunyai sejumlah pemain yang menonjol dari sisi skill dan teknik yang bisa dijadikan modal menghadapi Korea Selatan di pertandingan terakhir kualifikasi Piala AFC U-19 Tahun. Satu di antaranya kapten tim nasional Indonesia itu. Dimas, demikian dia akrab dipanggil, adalah pemain geladang. Anak dari pasangan Condro Permono dan Ana ini memiliki visi yang baik dalam membaca arah serangan bola. Dia mampu dengan cepat mengubah arah serangan.

Dia menjadi pensuplai bagi para pemain depan. Namun, dia juga kerap menjadi kartu AS Indonesia saat melakukan penetrasi ke pertahanan lawan di Piala AFC U-19 Tahun. Dia memiliki shooting keras dari luar kotak pinalti. Saat Indonesia melawan Filipina, tendangan bebasnya, nyaris menjadi gol kedua Indonesia. Namun, menghantam pojok kanan mistar gawang Filipina. Sejauh ini, pemain ini sudah mengoleksi lima gol.

Pemain kelahiran 13 Maret 1995, saat ini  bergabung dengan klub Persebaya 1927  tapi karena statusnya masih sebagai pemain amatir, ia belum bisa memperkuat klubnya sebelum PSSI mengubah statusnya menjadi pemain profesional. Evan Dimas  sukses membawa tim nasional U-19 Indonesia menjuarai Piala AFF U-19 tahun ini di Sidoarjo, Jawa Timur bulan lalu. Di final Indonesia mengalahkan Vietnam. Dia juga yang ikut membawa Indonesia menjuarai HKFA International Youth Invitation di Hongkong pada  2012.

Gaya permainan Evan yang suka bermain bola pendek dan berbau tiki-taka menjadi alat ampuh baginya untuk menusuk ke pertahanan lawan. Gaya itu didapat mantan pemain PON XVIII di Pekanbaru atas nama Jawa Timur,  dari mantan ‘gurunya’ Pep Guardiola. Dia menajdi salah satu dari 100 anak Indonesia yang ikut terjaring dalam acara the Chance, program pencarian bakat yang dilatih oleh Pep Guardiola pada tahun lalu.

Bahkan,  penampilan apik Evan membuatnya tampil di laman facebook resmi  klub raksasa Spanyol, Barcelona. Prestasinya ditulis  dalam situs resmi Azulgrana edisi Bahasa Indonesia a.l. saat menjuarai  Piala AFF U-19 2013 bersama Timnas U-19. Termasuk klub asal Australia Brisbane Roar yang tengah mencari pemain muda asal  Indonesia, kepincut pada Evans.  Pemandu bakat klub itu John Syme yang kini berada  di Indonesia  -- dapat informasi pemain muda berbakat itu dari  striker Persib Bandung, Sergio van Dijk, yang dulu bermain di  klub Adelaide United di Liga Australia-- kini melihat penampilan Evan di kualifikasi Piala AFC U-19.

"Saya sudah melihat pemain di Timnas Indonesia U-19. Saya melihat kapten tim itu yang bernomor punggung 6 (Evan Dimas). Dia bermain sepak bola bagus dan mempunyai teknik," ujar John  yang datang bersama  Direktur Sepak Bola Brisbane Roar, Ken Stead dan Wakil Direktur, Chris Fong.

Kini melawan Korea Selatan di penghujung kualifikasi Piala AFC U-19 Tahun, Evan Dimas berambisi untuk memenangkan pertandingan dan akan berjuang keras untuk meraih kemenangan itu. “Korea memang tim hebat, tapi kami tidak takut. Makanya kita harus bekerja keras untuk melawan Korea. Kita harus menang," ujarnya. Selamat berjuang anak muda. Good luck…

Profil

Nama lengkap

Evan Dimas Darmono

Tanggal lahir

13 Maret 1995 (umur 18)

Tempat lahir

Surabaya, Indonesia

Tinggi

1,72 m

Posisi bermain

Gelandang

klub

Klub saat ini

Persebaya 1927

Karier junior

 

SSB Sasana Bhakti

2007-

SSB Mitra Surabaya

Karier senior*

Tahun

Tim

Tampil

(Gol)

2013

Persebaya 1927

0

(0)

Tim nasional

2012

Indonesia U-17

  

2013

Indonesia U-19

5

(5)

* Penampilan dan gol di klub senior hanya dihitung dari liga domestic.

 

BACA JUGA:

Piala AFC U-19: Indonesoia vs Korsel, Taegguk Warrior Ketar-Ketir

Kualifikasi Piala AFC U-19: Indonesia vs Korsel, Kita Harus Menang

Evan Dimas Dapat Dukungan via Facebook

Piala AFC U-19: Harga Tiket Laga Indonesia vs Korsel Diturunkan

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper