Sabtu, 29 November 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

Jadwal Piala AFF U-19: Indonesia vs Vietnam, Evan Musti Lebih Waspada

Martin Sihombing   -   Sabtu, 14 September 2013, 03:01 WIB

BERITA TERKAIT

Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Indonesia U-19 Tahun, Sabtu (14/9/2013)  pukul 19.30 WIB –yang akandisiarkan langsung oleh MNC TV-- akan kembali tampil untuk kali ketiga. Kali ini dalam pertandingan Grup B Piala AFF U-19 Tahun akan menghadapi tim favorit, Vietnam di Stadion Tridarma Petrokimia Gresik, Jawa Timur.

Indonesia sudah mengoleksi dua kemenangan di Piala AFF U-19 Tahun itu masing-masing Selasa (10/9/2013) melawan Brunei Darussalam dengan kemenangan 5-0. Kemudian Kamis (12/9/2013) mengalahkan Myanmar  2-1.

Vietnam, juga sudah mencatat dua kemenangan di dua pertandingan yang sudah diselesaikan. Mengalahkan Thailand 3-2 dan menundukkan Malaysia 1-0. Pasukan pelatih  Grachen Guillaume ini di ajang Piala AFF U-19,  pernah bertemu Indonesia pada  2011. Saat itu, Indonesia kalah 1-6 atas Vietnam,  di Myanmar.

Saat menghadapi Myanmar di pertandingan kedua Piala AFF U-19 Tahun, para pemain Indonesia memperlihatkan penampilan yang menyerang, agresif. Ilham Udin, Evan Dimas, Maldini (di sayap kanan) dan Muchlis mampu memperlihatkan permainan cepat. Sejumlah peluang pun kerap tercipta.

Permainan yang cepat ini jika dilakukan dengan konsisten dan diperlihatkan kembali melawan Vietnam, Indonesia tetap  berpeluang besar meraup kemenangan. Apalagi jika antar pemain, menerapkan pola permainan secara tim, kolektif. Maka,  plus mampu memanfaatkan keuntungan dari dukungan penonton,  Indonesia muda ini bakal menghasilkan poin minimal satu.

Mereka masih kerap tampil egois di dua pertandingan awal. Selalu ingin menjadi pencetak gol. Selalu ingin mendobrak pertahanan lawan dengan memanfaatkan skill individu, baik dari sayap maupun dari sentral pertahanan lawan terutama  saat melawan Myanmar.Pertahanan pun mudah panik saat ditekan. Butuh kewaspadaan dan ketenangan dalam bertahan.

Vietnam bukan tim lemah. Vietnam yang merupakan salah satu tim favorit di Grup B. Cong Phuong, yang mencetak gol Vietnam melawan Thailand, perlu mendapat perhatian Evans cs. Kerja sama  satu dua sentuhan CVong dengan Nguyen Van Toan dan Van Toan kerap menimbulkan ancaman. Thailand sudah merasakan ‘sengatan’ trisula Vietnam muda ini. Tiga gol bersarang di gawang Thailand.

Vietnam pun memiliki pemain sayap  Pham Duc Huy, yang mampu melakukan penetrasi hingga berhadapan dengan kiper lawan. Ini terlihat saat mereka berhadapan dengan Thailand. Pham mampu berulang kali  berhadapan langsung dengan  kiper Thailand, Anusit Termee.  Bahkan pemain pengganti Van Toan,  Hoang Thanh Hung pun memiliki skill individu yang tidak buruk.

Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri mengakui, calon lawannya selain bagus juga mempunyai militansi permainan yang lebih bagus daripada dua tim sebelumnya, yakni Brunai Darussalam dan Myanmar. "Vietnam  punya  permainan bagus dan  bisa menjadi ancaman bagi tim-tim di Asia Tenggara seperti Indonesia," katanya.

Head to head

2011 Indonesia vs Vietnam di Piala AFF U-19 Tahun, Myanmar

Lima Pertandingan Terakhir Indonesia :

  • 12 Sep 2013 Myanmar U19 Indonesia U19
  • 10 Sep 2013 Brunei U19 Indonesia U19
  • 08 Nov 2011 Singapore U19 Indonesia U19
  • 06 Nov 2011 Indonesia U19 Australia U19
  • 31 Okt 2011 Indonesia U19 China U19

Lima Pertandingan Terakhir Vietnam :

  • 12 Sep 2013 Vietnam U19 Malaysia U19
  • 10 Sep 2013 Vietnam U19 Thailand U19
  • 09 Nov 2012 Vietnam U19 Jordan U19
  • 07 Nov 2012 Vietnam U19 Korea U19
  • 05 Nov 2012 Uzbekistan U19 Vietnam

Prediksi Susunan Pemain Indonesia vs Vietnam :
Indonesia : Ravi Murdianto, Putu Gede Juni Antara, M Sahrul Kurniawan, Hansamu Yama Pranata, M Fatchur Rochman, M Hargianto Alqomar Tehupelasury, Evan Dimas, Maldini, Ilham Udin Armaiyn, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh.

Vietnam : Nguyn Thanh Bình, ào Vn Phong, Nguyn Michal, Nguyn Gia T, Âu Vn Hoàn, Hunh Quc Anh, Phm Nguyên Sa, Thanh Luong Pham, Tan Tai Le, Nguyn Vn Quyt, Mac Hong Quan.


Editor : Martin Sihombing

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.