Jum'at, 28 November 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

Kamus Olahraga: Apakah yang Dimaksud dengan Offside

Lahyanto Nadie   -   Jum'at, 12 Juli 2013, 13:57 WIB

BERITA TERKAIT

Bisnis.com, JAKARTA - Luar posisi (bahasa Inggris: offside) terjadi jika seorang pemain diberikan bola ketika berada lebih dekat dengan garis gawang lawan dibanding posisi pemain lawan. Biasanya luar posisi digunakan para pemain belakang sebagai bagian dari taktik untuk menjebak lawan.

Pada contoh di samping, striker biru di sebelah kiri sedang dalam posisi offside apabila pemain yang sedang menguasai bola mengoper kepada sang striker.

Tetapi, apabila pemain yang sedang menguasai bola melakukan penetrasi dengan dribel sampai di samping sang striker biru, maka itu bukanlah luar posisi.

Pemain lain belakang sering kali melakukan jebakan offside kepada pemain depan lawan sehingga upaya ini mampu untuk meredam serangan lawan. Jika 'pancingan' offside gagal dan dinilai wasit tidak termasuk dalam kategori offside maka risiko terbesar adalah pemain depan bisa leluasa memasuki area kotak 16 sehingga berpeluang tercetak goal.

Sumber: Dari berbagai sumber


Editor : Martin Sihombing

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.