Minggu, 26 Oktober 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

JADWAL SEMIFINAL PIALA KONFEDERASI 2013: Kamis (27/6), Brasil-Uruguay: Neymar Atau Suarez?

Martin Sihombing   -   Rabu, 26 Juni 2013, 19:28 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, BELO HORIZONTE—Rabu (26/6/2013) atau Kamis (27/6/2013) semifinal Piala Konfederasi 2014 antara Brasil dan Uruguay  akan digelar di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, pukul 16:00 (waktu setempat).

Tiga raksasa sepak bola Amerika Selatan: Argentina, Brasil dan Uruguay adalah satu-satunya tim dari benua ini yang telah memenangkan Piala Dunia FIFA. Setelah  beberapa waktu Uruguay menguasai dunia,   La Celeste selama beberapa tahun  abadi di wilderness internasional  sebelum akhirnya mengembalikan prestise mereka di Afrika Selatan 2010 dan Copa America tahun berikutnya.

Kebangkitan baru mereka menjadi sedikit bumbu tambahan untuk menegaskan sebuah janji perihal sebuah pertemuan menarik antara mereka dan pasukan Brasil yang tengah mengalami kebangkitan, pertemuan pertama antara saingan lama sejak 2009.

Kedua belah pihak belum berhadapan sejak  La Celeste lolos ke semi-final di Piala Dunia Afrika Selatan 2010. Kemudian, Brasil untuk Piala Dunia 2014, hanya ‘duduk’ menunggu tanpa bertarung di babak kualifikasi karena mereka menjadi tuan rumah. Naasnya, Selecao di Copa America 2011 tersingkir di babak perempat final karena kalah adu pinalti dari Paraguay, yang kemudian kalah dari Uruguay di final.

Fakta belum pernahnya pertemuan antara kedua tim dalam empat tahun terakhir berarti  banyak pemain  pada pertandingan di Mineirao Rabu (26/6/2013) atau Kamis (27/6/2013) akan saling berhadapan untuk pertama kalinya dalam karir internasional mereka.

Menariknya, kedua tim berada pada berbagai tahap perkembangan mereka. Tuan rumah telah melihat banyak perubahan dalam bermain para pemain  dalam beberapa waktu belakangan ini, dengan munculnya  pemain yang komplingnya baru  ditekan  saat mengambil langkah-langkah pertama mereka di panggung internasional, di antaranya Neymar dan Oscar.

Sebaliknya, sebagian besar nama-nama besar di line up Uruguay mendekati senja karir mereka, seperti ditunjukkan Diego Lugano  dalam sebuah wawancara dengan FIFA.com, di mana ia membahas masalah yang mereka hadapi di kualifikasi 2014 Brasil .

"Pertandingan paling penting kami bulan ini adalah melawan Venezuela, tidak ada pertanyaan," katanya. "Kami memiliki segalanya untuk menang , dan jika kita  kehilangan itu, kita  keluar dari Piala Dunia. Dan itu akan menjadi akhir bagi generasi ini. Tidak ada keraguan tentang itu. "

 Pada 7 September 1965, Brasil dan Uruguay memainkan pertandingan kedua yang akan diadakan di Mineirao,  dan bagi Selecao itu penampilan pertama di stadion yang baru saja dibangun. Sebuah pertandinan persahabatan internasional,  berakhir dengan kemenangan 3-0 bagi tuan rumah .

 Arena baru itu telah menerima pembukaan resmi dua hari lebih cepat, ketika perwakilan negara bagian Minas Gerais XI mengalahkan River Plate 1-0 di pertandingan  persahabatan lainnya.

BRASIL--URUGYA--Derby
"Brasil-Uruguay dan itu derby. Beberapa orang mengatakan itu bahkan lebih buruk daripada Brasil dan Argentina. Mereka penuh percaya diri setelah memenangkan Copa America, dan  Brasil mendapat yang lebih baik dari mereka dalam beberapa pertemuan terakhir, Uruguay ingin mengubah hal-hal sekitarnya. Mereka akan melawan Selecao yang telah menemukan dirinya dan memainkan beberapa sepakbola  besar. I hope it goes Brazil’s way again, tapi tidak ada favorit dalam pertandingan ini, " kata kiper Brasil  Julio Cesar.

"Ini akan menjadi sulit. Brasil adalah tim besar dan mereka bermain di kandang. Sangat exciting  menjadi mereka karena kualitas mereka dan perasaan yang mereka miliki untuk permainan. Ini suatu kehormatan berhadapan dengan bangsa yang memenangkan Piala Dunia lebih dari siapa pun. Mari kita lihat apa yang terjadi, "Pelatih Uruguay Oscar Tabarez.

 “Bertanding melawan Brasil sangat special dan ini pertandingan penting untuk kami. Kami tentu saja termotivasi untuk apa yang didefinisikan the  great fixtures in international football," kata Tabarez, dengan nicknamed El Maestro.

“Brasil adalah Brasil dan kami akan bertarung habis-habisan, tapi percayalah kami tertantang. Saya berharap kami akan melihat pesta sepakbola Amerika Selatan. Kami sangat termotivasi, tapi ini 11 melawan 11..”

Brazil (4-2-3-1)= Julio César – Marcelo, Dante, Thiago Silva, Dani Alves – Paulinho, Luiz Gustavo – Neymar, Oscar, Hulk – Fred Chaves

Uruguay (4-3-3)= Fernando Muslera – Maximiliano Pereira, Diego Godín, Diego Lugano, Martin Caceres – Diego Pérez, Walter Gargano, Nicolas Lodeiro – Diego Forlan, Luis Suárez, Abel Hernández

 Rekor Pertemuan

BrasilRekorUruguay
32Menang19
19Seri19
125Gol90

 

Jalan ke semifinal

 

Group A

Pertandingan

Tanggal

Stadion

  

Hasil

 

1

15/06

Brasilia

 

Brasil

3:0 (1:0)

Jepang

2

16/06

Rio De Janeiro

 

Meksiko

1:2 (1:1)

Italia

5

19/06

Fortaleza

 

Brasil

2:0 (1:0)

Meksiko

6

19/06

Recife

 

Italia

4:3 (1:2)

Jepang

9

22/06

Salvador

 

Italia

2:4 (0:1)

Brasil

10

22/06

Belo Horizonte

 

Jepang

1:2 (0:0)

Meksiko

 

Group B

 

Pertandingan

Tanggal

Stadion

  

Hasil

  

3

16/06

Recife

 

Spanyol

2:1 (2:0)

Uruguay

 

4

17/06

Belo Horizonte

 

Tahiti

1:6 (0:3)

Nigeria

 

7

20/06

Rio De Janeiro

 

Spain

10:0 (4:0)

Tahiti

 

8

20/06 19:00

Salvador

 

Nigeria

1:2 (1:1)

Uruguay

 

11

23/06 16:00

Fortaleza

 

Nigeria

0:3 (0:1)

Spanyoll

 

12

23/06 16:00

Recife

 

Uruguay

8:0 (4:0)

Tahiti

 

Source : Fifa.com

Editor : Martin Sihombing

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.