Kamis, 28 Agustus 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

PERSIJA VS PERSIB BATAL: Ini Kronologis Penyerangan Bus

Sepudin Zuhri   -   Minggu, 23 Juni 2013, 09:54 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, JAKARTA--Belum sempat masuk ke Stadion Gelora Bung Karno (GBK), skuad Persib Bandung harus pulang ke Bandung, akibat penyerangan oleh sekelompok oknum suporter Persija Jakarta, kemarin sore Sabtu (22/6/2013).

Jadwal pertandingan putaran ke-2 ISL Persija Jakarta vs Persib Bandung akan digelar di Stadion GBK pukul 15.30 WIB. Namun, pertandingan itu akhirnya dibatalkan, karena Maung Bandung batal masuk ke stadion itu dan memilih pulang.

Begini kronologis pernyerangan itu, menurut website resmi Persib, http://www.persib.co.id.

Pada Sabtu (22/6/2013) pukul 13.45 WIB, bus yang membawa rombongan tim Persib yang terdiri dari pemain dan ofisial telah diserang oleh sekelompok orang tidak dikenal dalam perjalanan menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) untuk melaksanakan pertandingan melawan Persija Jakarta, pada Kompetisi Indonesia Super League 2012-2013.

Kejadian tidak terduga ini berlangsung di Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan, sesaat bus keluar dari pelataran parkir hotel Kartika Chandra. Tentu saja ini sangat mengejutkan bagi Persib, karena pihak panpel Persija sudah memberikan jaminan keamanan bagi tim itu untuk masuk dan keluar SUGBK. Serangan sporadis berupa pelemparan batu dan bom molotov, menghancurkan kaca bus bagian depan dan samping kiri, serta melukai pemain dan ofisial Persib.

Dalam kondisi tidak ada kepastian dan jaminan keamanan dari Panpel Persija, walaupun sejak technical meeting Persib sudah meminta pengamanan maksimal kepada Panpel Persija, Manajer Persib H. Umuh Muchtar yang juga mengalami luka, memutuskan agar bus yang membawa mereka langsung kembali ke Bandung.

Apalagi, dari informasi di berbagai media online yang kredibel sudah ada ribuan pendukung tim tuan rumah berkerumun di area SUGBK, walaupun polisi sudah melarang hadirnya penonton ke stadion itu.

Kini berkat lindungan Tuhan Yang Maha Esa, seluruh anggota tim dan ofisial dalam keadaan aman dan selamat. Mereka yang terluka langsung ditangani oleh petugas kesehatan dan semua diistirahatkan agar pulih dari pengalaman yang traumatis ini.

Sementara itu, Panpel Persija dan Pengawas Pertandingan dari Liga Indonesia masih menggelar kick off di SUGBK, walaupun Persib tidak hadir pada kesempatan tersebut. Tidak jelas sampai sekarang bagaimana status pertandingan Persib vs Persija pada putaran ke-2 ISL 2013. Itu kronologis penyerangan bus skuad Persib.


Editor : Sepudin Zuhri

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.