Sabtu, 20 Desember 2014

PIALA EROPA U-21: Prediksi SPANYOL VS BELANDA, Siapa Bakal Ketemu Italia?

Bambang Supriyanto Rabu, 12/06/2013 18:03 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA -- Laga Belanda versus Spanyol dalam babak penyisihan grup Kamis malam ini bakal berlangsung seru dan menarik, karena masing-masing kesebelasan ingin menunjukkan keperkasaan sebagai jawara grup.

Selain menjadi ajang 'balas dendam' bagi Jong Oranje, pertandingan yang rencananya disiarkan langsung di RCTI Kamis dinihari pukul 01.15 itu sekaligus bermakna ganda.

Menang atas Spanyol, berarti menjadi juara grup B, sekaligus terhindar bertemu dengan Italia pada babak semifinal. 

Singa oranje muda tentu ingin membalaskan kekalahan seniornya dalam laga final Piala Dunia 2010 yang berlangsung dramatis pada 3 tahun silam. Belanda senior kala itu ditekuk Spanyol 0-1 dalam pertandingan yang berlangsung ketat pada perpanjangan waktu 2x15 menit.

Berbeda dengan pertemuan dalam laga final Piala Dunia 2010, kali ini di ranah Israel Belanda berada di 'atas angin'. Jong Oranje sebenarnya tinggal memaksa hasil seri untuk juara grup B.

Hal itu karena pasukan Cor Pot unggul selisih gol, memasukkan 8 gol dan kemasukan 3 gol alias surplus 5 gol. Itu diperoleh berkat kemenangan atas Jerman di laga pembuka dengan skor 3-2 dan membantai Rusia 5-1.

Adapun Spanyol hanya surplus 2 gol dari hasil kemenangan 1-0 lawan Rusia dan 1-0 atas Jerman.

Cor Pot pun sangat yakin anak buahnya bisa mengatasi Matador Muda.

"Kami punya satu kesatuan dalam tim dan semua pemain dipilih karena punya kualitas. Kami bisa bermain sangat bagus saat bertemu dengan Jerman. Jika kami bisa bermain dengan gaya sendiri dengan penguasaan bola, kami bisa mengontrol permainan," tegasnya dalam situs uefa.com.

Kendati menginstruksikan anak buahnya bermain penuh semangat, tetapi dia mengingatkan agar tidak meremehkan Spanyol.

"Meskipun hanya sedikit menciptakan gol, Spanyol adalah tim yang bagus dan mampu menciptakan banyak peluang," tegasnya.

Julen Lopetegui, pelatih Spanyol mengatakan laga melawan Belanda akan sangat atraktif karena mereka pesaing berat.

"Kami akan memainkan susunan pemain yang kompetitif. Mungkin ada penggantian pemain inti, tetapi mereka adalah pemain yang dipilih untuk meraih angka tiga," tegasnya. 

Belanda adalah attacking team. Mereka punya banyak pemain muda berkualitas. Ini adalah generasi cemerlang Belanda. Sebanyak 12 pemain sudah punya cap senior, dan beberapa di antaranya pemain inti tim senior Belanda," ujar Julen.

Spanyol adalah juara bertahan UEFA U-21, alias juara Piala Eropa U-21 pada 2011.

Adapun Belanda juara dua kali pada 2006 dan 2007. Partisipasi pada putaran final di Israel ini adalah pertama kali sejak juara 2007, alias absen pada turnamen 2009 dan 2011.

 

Apps Bisnis.com available on:    
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
more...