Jum'at, 31 Oktober 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

LIGA CHAMPIONS 2013: Dortmund Libas Real Madrid 4-1, Robert Lewandowski Cetak 4 Gol

Fahmi Achmad   -   Kamis, 25 April 2013, 03:38 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, JAKARTA - Quat-trick atau Empat gol dari Robert Lewandowski membawa Borussia Dortmund menghancurkan Real Madrid dengan skor 4-1 di laga leg pertama semi final Liga Champions Eropa.

Dalam pertandingan di Signal Iduna Park Westfalenstadion, Rabu malam atau Kamis (25/4/2013) dini hari WIB seperti disiarkan langsung oleh SCTV itu, Dortmund langsung tampil menggebrak.

Marco Reus dan Mario Goetze memimpin serangan dan pada menit ke-7 umpan manis disambut sontekan maut Robert Lewandowski dan goooool 1-0.

Gol tersebut membuat Madrid tersentak. Cristiano Ronaldo didukung Luka Modric, Mesut Oezil dan Gonzalo Higuain coba menggebrak tetapi belum berhasil.

Menit 23, tendangan bebas Cristiano Ronaldo yang on target masih bisa ditepis kiper Roman Weidenfeller, penonton pun bersorak kegirangan.

Weidenfeller juga tampil ciamik dengan menepis peluang dari tiga kali umpan tendangan bebas dari Xabi Alonso.

Namun pelan dan pasti Real Madrid mulai menguasai permainan dan dominan dalam penguasaan bola, seperti kemarin Barcelona terhadap Bayern Munchen. Dortmund mulai mengandalkan serangan balik dan menumpuk gelandangnya di belakang garis tengah lapangan.

Menit 41, Dortmund mengklaim penalti tetapi tak diberikan wasit.

Menit 42, Ronaldo membuat gol menyamakan kedudukan hasil serangan balik dan umpan manis Higuan.
Ini merupakan gol ke-12 Ronaldo di Liga Champions musim ini atau gol ke-50 Ronaldo di kancah kompetisi Eropa.

Di Eropa, Ronaldo menjadi pemain ke-5 yang mencetak gol di atas 50. Pemain lainnya yaitu Raul Gonzales 71, Lionel Messi 59, Ruud van Nistelrooy 56, dan Thierry Henry 50.

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua dimulai dengan tempo sama seperti di babak pertama. Aksi jual beli serangan masih terjadi.

Lewandowski membuktikan diri sebagai penyerang yang menakutkan setelah pada menit 49 lolos dari posisi offside dan membuat fans Madrid terdiam. Gooool dan skor menjadi 2-1, Mourinho tampak kesal di depan bench.

Kembali Lewandowski menjadi momok dan pria Polandia ini mencetak Hat-trick alias trigol ke gawang Diego Lopez malam ini. Menit 54 skor kembali berubah menjadi 3-1, publik Lembah Ruhr pun menyanyikan koor kemenangan.

Nyanyian itu semakin nyaring setelah pada menit 64, aksi Alonso yang menjatuhkan Marco Reus membuat wasit menunjuk titik penalti dan Lewandowski menjadi algojo yang sukses. Quat-trick dan skor menjadi 4-1.

Menit 74, aksi Sami Khedira yang menerobos ke dalam kotak penalti berhasil dihalau Weidenfeller.

Menit 77, tendangan drive kaki kanan Lewandowski dari area 16 meter masih bisa ditepis Diego Lopez. Nyaris.

Mourinho memasukkan Kaka di menit 79 menggantikan Alonso untuk menambah daya gedor Madrid.

Namun skor 4-1 bertahan hingga akhir pertandingan.

Susunan pemain:
BORUSSIA DORTMUND (4-2-3-1): Roman Weidenfeller; Marcel Schmelzer, Mats Hummels, Neven Subotic, Lukas Piszczek; Ilkay Guendogan, Sven Bender; Marco Reus, Mario Goetze, Jakub Blaszczykowski; Robert Lewandowski
Cadangan: Mitchell Langerak, Sebastian Kehl, Moritz Leiner, Nuri Sahin, Kevin Grosskreutz, Julian Schieber, Felipe Santana
Pelatih: Juergen Klopp

REAL MADRID (4-2-3-1): Diego Lopez; Raphael Varane, Pepe, Sergio Ramos, Fabio Coentrao; Sami Khedira, Xabi Alonso; Luka Modric, Cristiano Ronaldo, Mesut Oezil; Gonzalo Higuain.
Cadangan: Iker Casillas, Raul Albiol, Nacho, Kaka, Jose Callejon, Angel Di Maria, Karim Benzema.
Pelatih: Jose Mourinho

Wasit: Bjorn Kuipers (Belanda)

(faa)


Editor : Fahmi Achmad

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.