Minggu, 26 Oktober 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

AFF 2012: Hasil PertandinganThailand Pimpin Grup A, Filipina Kritis

Sutarno   -   Minggu, 25 November 2012, 08:01 WIB

BERITA TERKAIT

Klasemen Grup A Piala AFF 2012

Sabtu 24 November 2012         

Tim

Poin

Main

M

S

K

MG

KG

SG

 Thailand

3

1

1

0

0

2

1

1

Myanmar

1

1

0

1

0

1

1

0

Vietnam

1

1

0

1

0

1

1

0

Filipina

0

1

0

0

1

1

2

-1

Ket: M (menang), S (seri), K (kalah), MG (memasukkan gol), KG (kemasukan gol), SG (selisih gol)

JAKARTA: Thailand berhasil menapakkan satu kakinya ke babak semi-final dengan mengalahkan Filipina 2-1. Hal itu karena rival utama Thailand, Vietnam, hanya bermain imbang 1-1 melawan Myanmar kemarin, Sabtu malam (24/11/2012).

Data pertandingan situs resmi Piala AFF 2012 affsuzukicup.com melaporkan turun bertanding dalam partai kedua dengan kick off pukul 20:20 WIB, Thailand langsung mengejutkan Filipina melalui gol cepat striker Jakkapan Pornsai 2 menit setelah pertandingan dimulai.Skor pun menjadi 1-0.

Sekitar 43 menit setelah gol pertama tersebut, pemain belakang Thailand, Anucha Kitpongsri, memperbersar kemenangan melalui golnya menjelang babak pertama selesai, sehingga mengubah kedudukan menjadi 2-0 untuk Thailand saat turun minum.

Filipina akhirnya mampu memperkecil kekalahan menjadi 1-2 melalui gol pemain tengah, Paul Mulders. Gol pemain yang berlaga di klub Belanda FC Den Haag tersebut tercipta pada menit 76 babak kedua. 

Winfried Schafer, pelatih Thailand, cukup puas dengan hasil kemenangan 2-1 tersebut. "Kami hanya melalukan 1 kesalahan, yaitu tidak membuat gol ketiga. Saya tekankan kepada pemain bahwa kami harus mampu mengatasi Filipina pada menit-menit awal dan itu berhasil," ujarnya seperti dilaporkan affsuzukicup.com.

Sementara itu, dengan menuai kekalahan 1-2, situasi Filipina agak kritis. Tim besutan pelatih asal Jerman, Hans Michael Weiss, akan menghadapi pertandingan yang cukup berat Selasa (27/11/2012) saat menghadapi Vietnam di Stadion Rajamangala pukul 17:30 WIB.

Vietnam ditahan Myanmar

Dalam pertandingan pertama pukul 17:00 di Stadion Rajamangala sebelum laga Thailand vs Filipina, Timnas Myanmar tampil mengejutkan dengan menahan Vietnam 1-1.

Di bawah guyuran hujan, Vietnam  unggul 1-0 pada babak pertama berkat gol hasil sundulan pemain tengah Le Tan Tai.

Myanmar berhasil menyamakan kedudukan 1-1 pada babak kedua hasil tendangan penalti Kyi Lin, setelah dia diganjal keras oleh pemain belakang Vietnam, Nguyen Minh Duc.

Hasil imbang tersebut membuat Vietnam--Juara Piala AFF 2008--menghadapi partai hidup mati melawan Filipina. Vietnam harus menang saat bertemu Filipina Selasa (27/11/2012), karena dalam laga terakhir Jumat (30/11/2012) Juara Piala AFF 2008 itu akan bertemu tuan rumah Thailand.

Filipina harus mengalahkan Vietnam untuk menjaga peluang lolos ke semi-final, sementara Vietnam juga harus menang agar dalam pertandingan melawan Thailand cukup menahan imbang tuan rumah. Sebuah motivasi yang saling kontradiksi antara Vietnam dan Filipina.(sut)


Editor : Sutarno

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.